Introduction to Information Retrieval

Information retrieval:  Subfield of computer science that deals with automated retrieval of documents (especially text) based on their content and context.

Searching:  Seeking for specific information within a body of information. The result of a search is a set of hits.

Browsing: Unstructured exploration of a body of information.

Linking: Moving from one item to another following links, such as citations, references, etc.

Query: A string of text, describing the information that the user is seeking.  Each word of the query is called a search term.

A query can be a single search term, a string of terms, a phrase in natural language, or a stylized expression using special symbols, e.g., a regular expression.

Full text searching:  Methods that compare the query with every word in the text, without distinguishing the function of the various words.

Fielded searching:  Methods that search on specific bibliographic or structural fields, such as author or title.

Corpus: A collection of documents that are indexed and searched together.

Word list: The set of all terms that are used in the index for a given corpus (also known as a vocabulary file).

With full text searching, the word list is all the terms in the corpus, with stop words removed.  Related terms may be combined by stemming.

Controlled vocabulary: A method of indexing where the word list is fixed.  Terms from it are selected to describe each document.

Keywords: A name for the terms in the word list, particularly with controlled vocabulary.

Sorting and Ranking Hits

When a user submits a query to a search system, the system returns a set of hits.  With a large collection of documents, the set of hits maybe very  large.

The value to the user often depends on the order in which the hits are presented.

Three main methods:

•  Sorting the hits, e.g., by date

•  Ranking the hits by similarity between query and

document

•  Ranking the hits by the importance of the documents

Text Based Information Retrieval

Most ranking methods are based on the vector space model.

Most matching methods are based on Boolean operators.

Web search methods combine vector space model with ranking based on importance of documents.

Many practical systems combine features of several approaches.

In the basic form, all approaches treat words as separate tokens with minimal attempt to interpret them linguistically.



Evaluation of Exact Matching : Precision and Recall

Information Retrieval System dinyatakan sempurna ketika setiap dokumen yang berhasil dikeluarkan sistem relevan terhadap query awal, dan setiap relevan item akan ditemukan di badan dokumen tersebut.

Precision dan Recall digunakan untuk mengevaluasi kualitas dari suatu Information Retrieval system. Berikut adalah definisi dari precision dan recall :

Precision didefinisikan sebagai perbandingan antara dokumen teretrieve dengan query tertentu yang relevan terhadap total dokumen yang berhasil diretrieve.

Recall didefinisikan sebagai perbandingan antara dokumen teretrieve dengan query tertentu yang relevan terhadap total document collection yang relevan terhadap query.

contoh :

diberikan sebuah query (q) terhadap Information Retrieval system. Dari total 10000 document collection terdapat 100 document yang relevan terhadap q. Kemudian IR system berhasil meretrieve sebanyak 50 dokumen, di mana dari 50 dokumen tersebut terdapat 20 dokumen yang relevan.

dari uraian tersebut dapat dihitung :

Precision = 20/50 = 0,4

Recall = 20/100 = 0,2

Hasil pencarian yang ideal (ideal search) dari Information Retrieval system adalah meretrieve 100 dokumen yang relevan dan mengabaikan dokumen yang tidak relevan terhadap q. Oleh karenanya pengukuran terhadap precision lebih mudah dilakukan dibandingkan Recall, sebab untuk mengetahui nilai precision seorang knowledgeable person mencari informasi yang dicari berdasarkan query terhadap dokumen-dokumen yang berhasil diretrieve dan memutuskan dokumen mana yang relevan. Dalam contoh di atas perlu mengidentifikasi 50 dokumen yang berhasil diretrieva. Sedangkan untuk mengetahui nilai Recall seorang knowledgeable person perlu mengevaluasi total document collection dan menentukan dokumen-dokumen mana saja yang relevan terhadap query q.

Inverted File

Inverted file didefinisikan sebagai daftar pencarian term yang digunakan untuk mengindex dokumen. Tujuan dari penggunaan inverted file adalah untuk dapat melakukan assosiative look-up, sebagai contoh untuk menjawab pertanyaan “Di dokumen mana sajakah sebuah specified search term muncul ?”.

berikut adalah contoh dari inverted file (versi standar) :

Standar Inverted filedari gambar di atas sebagai contoh term muncul sebanyak 3 kali dalam document collection, masing-masing pada dokumen 3, 19, dan 22.

Namun versi standar dari inverted file tersebut tidak mampu memproses operator boolean adj dan near, untuk itu perlu dilakukan modifikasi inverted file. Modifikasi dilakukan dengan menambahkan jumlah posting dan lokasi suatu term muncul dalam dokumen. Format Inverted file menjadi seperti berikut :

inverted file enhancementdengan demikian ketika terdapat query “abacus adj actor” maka IR system akan meretrieve dokumen 19 yang memuat term abacus dan actor tepat berurutan yaitu masing-masing pada lokasi 212 dan 213.

jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain berikut ya :



Keluarga Besar – Burung Ababil Team Tugas Besar Information Retrieval IT TELKOM

_________________________________________________________________

Sheila Rifana Awwalia

113061053_1

ini merupakan usaha sampingan saya beberapa bulan lalu, yaitu memiliki online shop sepatu. sepatu ini merupakan sepatu pertama yang dipesan oleh customer saya. suka duka sudah saya alami ketika menjalankan usaha ini dari mulai di caci banyak orang sampai mendapatkan uang hasil jerih payah sendiri. :). namun, hal ini dapat memberikan pelajaran penting bagi saya bahwa dalam menjalankan sesuatu, jalan seseorang tidaklah selalu mulus. akan tetap ada sandungan kerikil-kerikil kecil yang mewarnai. namun jika kita ikhlas dan sabar, semua akan dapat terlewati.

113061053_2

foto ini di ambil ketika kami yaitu saya, zia, anggi, hilman dan diah sedang mengikuti gladi di Kandatel Telkom Yogyakarta. Kami berlima dikumpulkan dalam satu kelompok. Tugas kami selama 1,5 bulan bekerja disana adalah mempromosikan akses speedy ke rumah-rumah yang belum terpasang speedy. selain itu, kami juga sering diajak oleh bapak-bapak disana jika ada even-even Telkom tertentu seperti penyuluhan maupun ikut menjaga stan speedy. Tak lupa juga ketika kami selesai melaksanakan gladi, kami diberi uang saku sebagai usaha jerih payah kami mempromosikan akses speedy ke pelanggan.

113061053_3

foto ini d ambil ketika kami yaitu saya, nana dan syamsul sedang jalan-jalan di ciwalk. mereka merupakan salah satu sahabat saya d IT TELKOM ini. Namun, karena kesibukan masing-masing kini kami jarang berkumpul dan jalan bareng lagi.

113061053_4

ini juga merupakan sahabat saya di IT TELKOM ini. mereka adalah zia, ocha, dan dian. dulu ketika kami masih sering kuliah bareng, kami sering curhat bersama. Entah itu masalah cowok, teman, sampai tugas kuliah. saat ini saya, zia, dan ocha masih berjuang untuk menyelesaikan Tugas Akhir kami agar dapat mengejar target yaitu lulus tahun ini. sedangkan untuk Dian, selamat berjuang untuk sidang Tugas Akhir nya bulan ini. semoga kami semua diberikan yang terbaik. Amin. 🙂

113061053_5

banyak orang mengatakan bahwa masa SMA adalah masa yang paling indah. Hal ini mungkin berlaku juga untuk saya. 🙂

______________________________________________________________

Ziadatul Maskana Ulfa

113061043_1

Saya mahasiswa IT Telkom Bandung  jurusan S1 Teknik Informatika. Sehari-hari kuliahku sangatlah padat dan selalu tersedia menu-menu tugas besar hampir semua mata kuliah disetiap semester seperti Tugas besar mata kuliah informtion retrieval ini. Untuk menghilangkan stress tetapi masih bisa belajar, biasanya pada waktu luang saya pergi keluar it telkom mencari tempat yang sejuk dan mulailah ku buka materi-materi yang telah dipelajari materi mata kuliah cs4323. Belajar di bawah pohon yang rindang dan tempat yang tidak begitu ramai, ini membuat ku bisa lebih berkonsentrasi. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu stress menghadapai kuliah di IT Telkom ini.  “Orang bilang ini cara kuno, tapi menurutku ini menyenangkan ..”

113061043_2

Setiap abis belajar mata kuliah Information Retrieval cs4323, perut saya terasa keroncongan ..

Makanya saya langsung bergegas untuk mencari tempat makan yang mantabss dan lezaaattt  .. *sambil kepanasan teriknya matahari ni ceritanya..

Apalagi kalau saya menemukan tempat makanan yang baru dengan menu yang baru..mengingat saya juga adalah orang yang suka kuliner.. *alias suka makan ..hweeehehehe ^ ^

113061043_3

Akhirnya saya menemukan tempat makan yang mantabss di luar IT Telkom.. di d’cozz bandung .. waw ..aw aw aw aw aw …

Makananya itu lho .. yummmy banget.. , setelah pusing-pusing menghadapi permasalahan di IT TELKOM .. akhirnya dengan menu gurame bakar, cumi sambal padang, sayur asem, oseng kangkung , sama es teh .. hmmm … gak bisa diceritakan gimana rasa weeennnnakkknya itu lho .. pokoknya mantabbss gan .!

Yummmy ,,, yummmy ,,, yummmmy ,,,, jadi ngiler lagi neh .. pengen kesana lagi… ^^

113061043_4

karena hobiku yang suka kuliner .. dan mencoba makan-makanan baru .. akhirnya suatu saat diajak sama temen ku untuk mencoba makanan ringan yaitu surabi enhai di bandung ..

disana saya mencoba surabi keju coklat spesial ditemani sama minuman coffe mix .. hmmm  yummy bener deh ..

menghilangkan rasa penat dari tugas besar mata kuliah information retrieval semester 0910-2 cs4323 di it telkom.

113061043_5

ketika di enhai .. eh disana ternyata malah dapet cinta.. hweeehehehehe .. *prikitiwwwww

trus dikasih kalung hati ini deh, ada satu pasang, yang satu sama dia yang satu dikasihin ke saya yang dibelinya dari surabaya .. *alangkah jauhnya bandung-surabaya

tapi saya senang .. bersama dia bisa kuliner kemana-mana dan bisa bertukar informasi tentang kuliah ..

jadi kuliah tidak terasa beratnya terutama dari tugas besar mata kuliah information retrieval semester 0910-2 cs4323 di it telkom…

I am happy with him ^^ .. *Prikitiwww

——————————————————————————————————–

Asep Sunandar

113060207_1

Safety first.. itulah slogan yang sering kita dengar… Gambar alat pemadam kebakaran yang ada digambar itu diambil di salah satu rumah sakit di bandung.. parameter penting dalam keselamatan… syukurlah keselamata masih di prioritaskan..

113060207_2

Pintu darurat di sediakan untuk kondisi darurat. mungkin ketika terjadi kebakaran, gempa atau lain sebagainya.. ketika gambar tersebut diambil di tempat yang sama, di salah satu rumah sakit di bandung.. pintu darurat masih dalam kondisi baik.. semoga masih terus dapat di rawat agar ketika dibutuhkan nanti tidak malah menyusahkan…

113060207_3

Waktu itu, dalam perjalanan pulang menuju cirebon.. pemandangan sepanjang perjalanan di sekitaran sumedang mengusik ketenangan perjalananku.. kondisi perbukitan yang kering membuat suasana semakin panas.. mungkin akan semakin berakibat lebih parah lagi ketika alam sudah tak mau bersahabat lagi dengan kita.. Semoga gambar di atas dapat mengusik rasa kepedulian kita terhadap lingkungan.. Save our Earth…

113060207_4

Perjalanan panjang dalam mencari jati diri.. Sang pengembara terus berjalan menyusuri setiap langkah jalanan yang di laluinya..

113060207_5

Rumah memang selalu membuat kangen.. suasana rumah tidak akan pernah dapat kita temui dimanapun.. kerinduan akan hangatnya suasana rumah tergambar dari gambar di atas.. merekalah orang-orang yang juga ku sayangi…

____________________________________________________

David Widyarto

113060199_1

Numpang narsis dikitlah…  kami bertiga sedang duduk-duduk santai di tempat hiburan yang cukup terkenal d bandung yaitu  Ciwalk. Sering sekali diadakan event atau pertunjukan yang sangt menarik di tempat keramainan ini. Ketika itu sedang ada pertunjukkan yang bernuansakan di Bali. saya bersama saudara saya langsung bergegas kesana. Sebelum acara di mulai kami  berhasil untuk bernarsis-narsis ria, al hasil adalah seperti pada foto di atas. jangan lupa cendolnya Gan…

113060199_2

Pandangan yang tajam, seakan ada sesuatu yang manarik disana. Apakah gerangan?? sesosok penampakan seorang gadis berambut panjang berbadan tinggi mulus dan sexy. Pemandangan itu membuat orang yang melihat tak mampu merelakan untuk melewatkan satu kedipan mata. Namun itu semua hanya lamunan belaka yang dialami oleh penampakan diatas. Lihatlah pandangan yang kosong, namun penuh dengan sejuta harapan.

113060199_3

Ketika berlibur di Green Canyon itulah foto ini diambil. tepatnya di parkir mobil deket tempat wisata. Sehabis mandi muka udah seger. saya pun menyempatkan untuk mengambil gambar. Foto ini asli bukan editan sama sekali. saya heran ketika melihat panampakan hasil jepretan yang nampak sangat putih. sampai-sampai kelihatan kayak chinese, putih sekali.. padahal aslinya kulitnya gosong Gan… hahaa…tp gpp Gan… yang penting nampang dulu. ^^

113060199_4

Suasana langit merahpun mengelilingi saya ketika hendak berlibur ke puncak bogor. Sungguh pemandangan yang maha karya oleh sang Pencipta. Tak hanya itu, Langit ini seakan manggambarkan kebesaran sang Khaliq yang mampu merubah langit biru menjadi seakan terbakar menjadi merah merona.

113060199_5

Foto ini diambil ketika berlibur ke puncak bogor. Bunga dengan penampkan yang begitu indah berwarna Merah. Bunga ini tumbuh liar di sekitar Villa dimana saya menginab. Tak bunga ini yang tumbuh, banyak sekali bunga-bunga yang lain yang bermekaran ketika di pagi hari. Namun entah apa namanya bunga ini. yang pasti bunga ini begutu indah.

___________________________________________________

Rahadian Setya Sukmana

Bebek Goreng Bang Adjat

113060034_1

Foto ini saya ambil saat libur lebaran tahun 2008. Lokasinya adalah di tempat favorit saya dan teman-teman semasa SMA saya yang hampir tidak pernah absen untuk dikunjungi untuk menikmati hidangan bebek goreng yang “Hiisstimewaa…”. Warung yang dimaksud dilabeli nama bos penjualnya “Abang Adjat”. Disebut Bos, karena saat ini dia telah memiliki beberapa cabang di sekitar Tulung Agung dan sekitarnya. Namun dari beberapa cabang yang sering saya dan teman-teman kunjungi adalah cabang Pasar Ngunut dan depan Hotel Barata Tulung Agung.

Kuliner Khas Jawa Timur

113060034_2

Gambar di atas adalah bebek yang kami pesan. hhmmm… mau ? Biasanya masing-masing dari kami memesan bebek dan kepala dan nasi minimal 2 porsi per kepala, maklum kesempatan yang cukup langka berkumpul bersama teman-teman sejati ditemani dengan hidangan yang sangat lezat. Jika pembaca singgah ke Jawa Timur, tepatnya di daerah Tulung Agung silahkan dicoba..

Warung Agrobisnis

113060034_3

Foto tepat di atas adalah foto yang saya ambil di salah satu warung Agrobisnis yang ada di kota Blitar “Mak Ti”. Hidangan dan tempatnya sangatlah tradisional bahkan mulai dari cara memasaknya pun menggunakan cara yang sangat tradisional. Warung ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat hari libur. Bahkan Bapak M.Nuh (Mendiknas) pernah mampir ke warung ini untuk menikmati hidangan tradisional yang sangat lezat.

Kuliner Khas Kota Bandung

113060034_4

Kalau foto yang ini adalah foto surabi, jajanan idola saya di Bandung. Rasanya uweennnaakk pisan… Dari beberapa warung surabi yang ada di Bandung yang menjadi idola adalah surabi enhai, tapi terkadang harus menunggu pesanan lumayan lama, sebab pengunjungnya juga sangat banyak, hehe…

Spesial Sambal

113060034_5

Gambar di atas diambil di warung Spesial Sambal (SS) Kiara Condong Bandung. Sebenarnya saya mulai mengenal warung ini ketika saya berlibur di Jogja, yang pada saat itu orang jogja lagi musimnya doyan makan pedas, saya pun ikut tertular, hehe. Sempat beberapa kali saya mampir di SS Kiara Condong, sebelum akhirnya pindah di sekitar dago, tapi tepatnya yang mana saya masih belum tahu. Bagi agan-agan sekalian yang tahu keberadaannya sekarang boleh di share di blog ini, terima kasih.


TA Holic – Perjuangan demi masa depan

Alkisah dimulai ketika seorang mahasiswa Tingkat akhir IT Telkom bernama Rodrigo Kotek atau biasa di panggil Kotek hendak mengajukan Proposal Tugas Akhir (TA). Perlu agan-agan ketahui bahwa kampus sekaliber IT Telkom itu tidak hanya sulit untuk masuk, namun bahkan untuk dapat lulus dari sini bukanlah perkara mudah. 😦

Kasian amat Rodrigo Kotek.. kagak dianggep gitu ama Professornya

Rodrigo Kotek mengajukan Proposal Tugas Akhir kepada seorang Profesor terbaik (tergalak juga tepatnya) di kampusnya yang bernama Prof. Dr. Alesandro Dul  Widyarto, profesor blasteran ARGENTINA-NGANJUK yang dikenal sangat sangar di IT TELKOM karena sikap disiplinnya yang tidak kenal toleransi  dan selalu menuntut kesempurnaan..

Makin kasian aj.. Sabar Gan… HIDUP INI MEMANG KERAS!!!!

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, hanya dengan melihat judulnya saja proposal Alesandro Kotek pun dinyatakan DITOLAK MENTAH-MENTAH!!! (ini belum apa-apa gan, tenang dulu gan) Rodrigo Kotek di minta keluar karena dinilai belum siap dengan proposalnya. (emang sadis tuh Profesor) ;(

Akhirnya…:-) tapi tuh professor kagak ada senyumnya pisan ya.. Konsisten.. 😦

Meskipun menjatuhkan mentalnya, namun Rodrigo Kotek berusaha kembali bangkit dan berusaha agar hal tersebut tidak membuatnya terus menerus terpuruk (TA must Gogon gan). Sekuat tenaga Kotek kembali bangkit dari keterpurukannya dan mencari ide baru untuk proposal TA nya.
Berkali-kali Rodrigo Kotek mengajukan judul dan sebanyak itu pula PENOLAKAN yang ia terima. (singkat cerita) Setelah hampir berbulan-bulan bersemedi dalam masa pencarian, akhirya ide baru pun melintas dan setelah diajukan kembali, proposal Rodrigo kotek pun akhirya diterima. (mungkin karena si Professor udah bosen kali ngeliat mukanya Alessandro Kotek.)

Ampe Segitunya…. itu buku ampe berapa tingkat tingginya…hmm…Tapi itu lah Faktaya… BENAR-BENAR TIDAK MUDAH!!!

Lantas apa setelah di terima, semuanya selesai ?? TIDAK BUNG!!! Genderang perang justru baru dimulai. Masa pengerjaan TA dimulai. Selama berbulan-bulan, siang malam, lupa makan lupa mandi (tapi sholat mah gk lupa lho ya). Rodrigo Kotek menjadi autis TA. Semua dilakukan agar dapat segera menyelesaikan Tugas Akhir di IT TELKOM. Tugas Akhir ini hampir membuat Rodrigo Kotek menjadi Gila. (tepatnya semakin meningkatkan kadar ‘gila‘ nya Rodrigo Kotek)

jadi analisis dari TA saya itu adalah ..bla..bla.. bla.. (udah keren2 gini presentasinya ampe kagak dilulusin mah kelewatan dah)

Waktu berlalu dan musimpun berganti, semua terasa sangat cepat dan tak terasa saat Sidang TA telah tiba. Dengan perjuangannya yang telah mati-matian juga maka tidak ada alasan untuk tidak siap. Dengan membawa serpihan rasa percaya diri dan mental yang tersisa Rodrigo kotek  melangkah menghadapi Sidang Tugas Akhirnya. Mencoba tampil percaya diri meski tahu akan menghadapi Penguji yang akan membantainya tanpa sisa.

Pembantaian secara kaeroyokan ini mah gan...

Penguji yang hadir ternyata memang penguji dengan jam terbang yang telah mendunia, bukan penguji yang dengan mudah melepaskan mahasiwanya lolos dalam sidang dengan mudah. Rodrigo kotek benar-benar di bantai habis-habisan. (sampe ada yang tanya.. kenapa kq Sidang TA milih pake muka yang ‘itu‘. gak ada yang lain apa..???…sambil nunjuk…)

Rodrigo Kotek berdoa : "Ya Tuhan..Pokoknya kalo bisa lulus.. ane tobat deh jadi MAHO.."

Sidangpun selesai. Merasa benar-benar telah di bantai habis2an, Rodrigo Kotek pun menjadi pesimis akan hasil sidang nantinya. Kegagalan malah berkecamuk di pikirannya. Tidak terbayang sedikitpun dipikirannya kalau harus mengulang Tugas Akhir di IT TELKOM. Namun disinilah perlunya dukungan sahabat. Para sahabat terus mencoba menyemangati Rodrigo Kotek untuk optimis dan bertawakal. (tenang, kan masih ada taun depan.. lho?? koq gt ngasih semangatnya..) Rodrigo Kotek hanya bisa berdoa dan menyerahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa..

Suasana Rapat antar penguji berlangsung sengit sangad..

Kondisi di dalam ruangan pun tidak kalah panas. Terjadi perdebatan sengit (pokoknya anggap saja sengit lah gan..)..debat hebat antar penguji yang akan memutuskan kelayakan dari sidang Rodrigo kotek..

Alhamdulillah.. Doa Ane di kabul... -Maakkk... Kotek Lulus maakk.. dapat nilai A maakkk-

Detik-detik yang di tunggu pun akhirnya datang. Saat pengumuman hasil sidang yang di tunggu tiba. Ternyata hasilnya tidak sia2. Perjuangan selama ini akhirnya terbalas lunas. Hasil ternyata selaras dengan perjuangan yang telah di lakukan. Dengan kesungguhan yang dilakukan selama ini, Rodrigo kotek mendapat nilai A untuk sidangnya. Senyumpun tergurat di wajah lusuhnya (kan udah lama gak mandi2.. )

Sujud Syukur dulu Gan... jadi orang harus pandai bersyukur...

Tidak ingin takabur dan berlebihan dalam mengungkapkan kegembiraan, sujud syukur kepada Allah SWT adalah hal pertama yang dilakukan Rodrigo kotek sebagai ungkapan syukur atas hasil memuaskan yang diterimanya. (ini namanya mahasiswa yang pandai bersyukur gan… itulah ciri positif dari mahasiswa IT TELKOM)

Jangan lupa kunjungi juga artikel berikut ini :

Sahabat Selalu Ada (based on true story)

Burungababil Team

Sahabat Selalu Ada – (Based on a True Story)  –

Seperti title-nya.. kisah ini benar-benar diangkat dari kisah nyata..
Saat itu kami terbentuk karena ada tugas Information Retrieval. Tugas yang diberikan menghendaki kami untuk membuat sebuah cerita dan harus disampaikan melalui media gambar (foto). Singkat cerita kami sudah mendapatkan ide untuk tugas kami.. alurnya.. pemerannya dan semuanya..sudah dapat dikatakan lebih dari siap untuk eksekusi dan sesi pengambilan gambar. Namun, Tuhan berkehendak lain.. sahabar kami.. Victoria Zia, mendadak terkena demam berdarah dan harus dilarikan kerumah sakit.. Ini lah kenapa kami mengatakan bahwa ini benar-benar diangkat dari kisah nyata… Kisah ini akan kami sampaikan dengan adanya penyesuaian agar lebih ringkas tetapi tidak menghilangkan pesan moral dari cerita ini…

Makan meski alakadarnya tapi kan tetep bayar sendiri.. gak ngutang….

Malam itu, kami berempat (veysha, dul, kotek, dan sheila) sedang makan malam di sebuah tempat makan nan sederhana di bilangan jalan bojongsoang (maklum mahasiswa alakadarnya) terusan buah batu, bandung.

APA!!!!! (tenang kotek.. jangan teriak – teriak.. inget kata bang haji : “SANTAI…”)

Semuanya nampak biasa saja.. semuanya berjalan apa adanya.. sampai tiba-tiba cellphone kotek berbunyi.. saat itu kami pun masih biasa saja.. ngobrol dengan santai.. terima panggilan telpon tentu bukan hal aneh.. namun pembicaraan kotek dengan seseorang yang menelponnya nampak menjadi sangat serius dan nampak ekspresi kaget, cemas, dan bingung dari kotek.. ternyata orang yang tadi menelpon adalah sahabat kami.. Zia… Kotek bilang kepada kami bahwa suhu zia Demam tinggi .. pusing, mual dan badannya merasa lemas yang teramat sangat..

Sahabat Siaga.. ckckck.. Teladan nih gan.. meski hujan badai kan kudaki.. gunung pun ku selami.. lho???

beberapa hari sebelumnya kondisi zia memang sedang kurang baik.. maka malam itu kami segera menyudahi makan malam kami.. kondisi  pada saat itu sedang hujan.. cukup deras hujannya.. namun kami tetap berangkat dengan bergegas menuju tempat kost zia.. Setibanya di sana.. kondisinya memang cukup mengkhawatirkan.. Kami benar-benar bingung.. karenanya kami langsung memutuskan untuk segera membawanya ke rumah sakit.. karena
keterbatasan kendaraan, tidak ada mobil, hanya ada sepeda motor.. tidak ada pilihan lain.. terpaksa kami membawa Zia ke rumah sakit dengan kondisi hujan hanya dengan menggunakan sepeda motor..

Sheila said : "Mas.. Mas.. Woi.. mas... iki endi toh wonge.. pada langka kabeh sih.."

Setibanya di rumah sakit, Zia langsung di larikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGS), veysha dan Kotek menunggui zia di IGD, sementar Dul dan Sheila mengurus administrasi dan hal lainnya di tempat administrasi.

Trio Kere... Kere kq jamaahan.. maklum dompet tanggung bulan...

Kesehatan itu benar-benar mahal namun tidak ada toleransi dengan kata “mahal” rupanya.. Dul, yang dari bagian administrasi bilang untuk dapat di rawat di rumah sakit , harus ada Uang untuk jaminan awal.. angkanya cukup lumayan (tidak perlu kami sebutkan nominalnya..) Bagi kami yang hanya mahasiswa rantau yang kost, tentu itu menjadi masalah tersendiri.. mana duit lagi bener-bener cekak waktu itu.. Akhirnya kami memutuskan untuk Patungan Uang agar Zia bisa segera mendapat perawatan dengan segera.

Akhirnya dapet ruangan juga nih gan.. Syukurlah..

Di tempat lain.. setelah melakukan pemeriksaan, diagnosa dari dokter bahwa zia terkena DBD dan tipes.. Tapi syukurlah.. kondisinya belum terlalu parah… Setelah mendapat kepastian ruangan.. Zia langsung dibawa ke ruangan tempat seharusnya dia dirawat. kami sedikit tenang karena kondisinya kini lebih terkendali…

Lho.. Lho..Lho.. ini apa2an.. kq malah kayak MAHO gini sih.. 😀

Malam itu, Setelah semuanya lebih terkendali..  kami memutuskan untuk memberitahukan orang tua zia di Lampung..  bagaimana juga pun mereka harus di beri tahu… Sebisa mungkin kami memberitahukan tapi berusaha tidak membuat orangtuanya panik. Orang tua Zia bilang esok mereka langsung menuju bandung..  sembari menunggu orang tua nya datang esok.. malam itu pun kami yang kelelahan harus nginep juga dirumah sakit cape gan.. bener2 ngantuk..

Derai air mata bercucuran dimana2.. jadi ikutan sedih..

Sore hari pada hari berikutnya, Bapak dan ibunya Zia datang ke rumah sakit… Seperti yang sudah  kami duga sebelumnya.. Tangisan seorang ibu keluar saat itu, mungkin karena terlalu khawatir dengan anak kesayangannya.. Rasanya Orang tua manapun pasti akan melakukan hal itu.. itulah kasih  sayang seorang Orang tua..  Khususnya Kasih Sayang seorang IBU.. Luar biasa.. I Love U mom… I Love U ummi…I Love U mamah…  I Love U Ibu…

sama- sama pak..

Orang tua Zia senang karena anaknya mendapat perawatan yang baik.. meskipun mereka tidak ada pada saat itu.. mereka berterima kasih karena zia mempunyai sahabat yang peduli.. Sebenernya seperti itulah seharusnya sahabat.. harusnya ada tidak hanya saat suka.. tapi saat duka juga.. tempat berbagi kebahagiaan.. dan mampu menguatkan saat kita sedih atau lemah..

we are friends and this is our friendship

Inilah kami.. di pertemukan di Kuliah Information retrieval IT TELKOM dan tergabung dalam satu kelompok.. meskipun belum lama.. tapi perasaan yang sama kalau kita adalah mahasiswa rantau yang juga jauh dari keluarga dan orang tua adalah salah satu faktor yang dengan cepat membentuk rasa kebersamaan dan saling peduli itu…  Meskipun keluarga kita Kaya Raya.. tapi bukan mereka yang akan kita mintai tolong dan selalu ada saat kritis atau kesusahan seperti itu.. Mungkin Teman, Sahabat, atau tetangga kita yang selama ini kita tidak pedulikan yang bakalan ada saat itu…

PERCAYALAH!!!

Seperti pepatah bilang “Keluarga terdekat kita  bukan hanya keluarga kita yang sebenarnya tetapi Tetangga kita.. termasuk Sahabat kita..” Untuk kasus ini.. Rasanya ada benarnya Pepatah ini.. Terima kasih bagi siapapun yang telah membantu.. Tanpa mengurangi rasa hormat kami.. mohon maaf tidak bisa disebutkan satu persatu.. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kisah di atas… 🙂

Jangan lupa kunjungi artikel kami berikut ini :

Keluarga besar burung ababil team tugas besar information retrieval it telkom

TA – Holic Perjuangan demi masa depan